Administrasi perkantoran
Konsep dasar administrasi
Pengertian Administrasi
- Menurut Bahasa terbagi menjadi 2:
2. Belanda (Adminisstrate) = Pembukuan/ketatausahaan (Office work)
Jadi, menurut bahasa administrasi adalah pengaturan yang bersifat katatausahaan
Jadi, menurut bahasa administrasi adalah pengaturan yang bersifat katatausahaan
- Menurut Istilah terdiri dari 2 pengertian:
Ø Menurut George Terry: Suatu kegiatan yang berkaitan dengan proses
pengubahan informasi/ keterangan yang bersifat tulisan yabg dapat di manfaatkan
dalam suatu organisasi.
Ø Menurut tata bahasa Indonesia : Suatu kegiatan yang secara sistematis
dalam proses pengumpulan, pengolahan, penggandaan, pencatatan, pengarsipan dan
pengiriman dalam suatu kegiatan kerja untuk menghasilkan keterangan atau
informasi dalam mencapai tujuan suatu organisasi.
Konsep Administrasi
Berdasarkan penretian
administrasi tata bahasa indonesia terhadap 6 konsep :
- Menghimpun: Kegiatan mengadakan,mengumpulkan dan mengelompokan data-data informasi/keterangan untuk di jadikan sebagai bahan/sumber kegiatan kerja.
- Mencatat: Kegitan mengubah suatu data/informasi kedalam bentuk tertulis secara manual/elektronik.
- Mengolah: Kegiatan memproses data atau informasi yanh sama dngn kebutuhan dan fungsinya untuk suatu kerja.
- Mengadakan: Kegiatan membuat suatu data/informasitisama dengan aslinya baik secara manual/elektronik dalam jumlah yang lbh banyak.
- Menyimpan/mengarsipkan: Kegiatan menata dan mengatur data atau informasi dalam suatu tempat dengan aturan tertentu sesuai dengan fungsi kegiatan kerja.
- Mengirim: Kegiatan memindahkan data atau informasi darin suatu pihak kepihak lain.
Unsur-unsur administrasi suatu organisasi:
- Organisasi atau intansi, wadah/tempat di selenggarakannya pengadministrasian.
- Personal: Pelaku baik seseorang atau sekelompok orang yang melaksanakan tugas-tugas pengadministrasian.
- Aktivitas: Bentuk-bentuk kegiatan kerja yang di laksanakan sebagai objek administrasi.
- Proses: Pengaturan semua unsur administrasi untuk efektivitas kegiatan kerja.
- Sarana dan prasarana: Alat kelengkapan yang digunakan dalam membantu kelancaran administrasi.
- Tujuan: Penentu keputusan dalam perencanaan administrasi supaya lbh terarah:Kerja, waktu, alat.
Fungsi-fungsi Administrasi
- Pengertian Fungsi Administrasi adalah serangkaian kegiatan pelaksanaan bentuk-bentuk pekerjaan dan tanggung jawab administrasi secara susun sistematis dan bertahan untuk epektivitas pencapaian tujuan kerja.
- Jenis-jenis fungsi administrasi di bagi menjadi 6 bagian:
- Planning(Perencanaan) Yaitu segala hal aktivitas yang akan di laksanakan.
- Organizing( Pengorganisasian) Yaitu pengelompokan atau pembagian dari semua aspek dalam kegiatan administrasi.
- Actuating(Pelaksanaan) Yaitu kegiatan dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan administrasi secara personal.
- Motivating(Penggerak) Yaitu berbagai aspek atau faktor yang dapat mempengaruhi kualitas kerja.
- Controling(Pengawasan) Yaitu suatu kegiatan untuk mengetahui segala hal yang berkaitan dengan kegiatan kerja.
- Evaluting(Penilaian) Yaitu suatu aktivitas untuk mengetahui sejauh mana hasil suatu pekerjaan.
- Peranan fungsi administrasi dalam suatu organisasi
Peranan-peranan tersebut diantaranya:
- Memberikan kebijakan dalam merencanakan suatu kegiatan kerja.
- Mempoluskan pada efektivitas dan efensiensi suatu pekerjaan.
- Memberikan peluang terhadap personal untuk mengembangkan dan membuat inovasi.
- Dapat membantu pencapaian tujuan sacara maksimal.
- Dijadikan sebagai daya dukung dalam perkembangan dan kemajuan suatu organisasi.
Tugas Dan Tanggung Jawab Administrator
A. Rincian pekerjaan Administrator
Administrasi peranan nya meliputi 6 aktivitas yaitu:
perbuatan yg mengarah pada proses, menghimpun, mencatat, mengolah,
mengadakan, mengirim, dan menghimoun keterangan.
Ø Menurut George terry pekerjaan administrator dapat di kelompokan
menjadi 7 golongan:
- Typing(mengetik) : 24,6% | komputer
- Calculating(menghitung) : 19,5% | MTK
- Checting(memeriksa) : 12,3% | Teliti
- Filing(menyimpan) : 10,2% | Arsip
- Telephoning(menelpon) : 8,8% | Komunikasi
- Duplicating (manggandakan): 6,4% | operasi atau mesin
- Mailing(mengirim surat) : 5,5% | Korespodensi
- Other(lain-lain) : 12,7% | Tambahan lain
100%
Ø Menurut versi indonesia mengelompokan tugas-tugas Administrator dapat
dibagi menjadi :
- Korespodensi : Mengelola surat menyurat 1,2,3,4,7
- Penyetensilan : Mengadakan keterangan-keterangan meliputi 4,6
- Ekspedisi : Mengirim surat-surat meliputi 5,7,4
B. Pengorganisasi Tugas Adminstrasi
Dapat dikelompokan menjadi 2 bagian :
Dapat dikelompokan menjadi 2 bagian :
- Asas Pementasan (Sentralisasi) Dengan asas ini semua kerja perkantoran dalam organisasi yg bersangkutan dibebankan dan dilaksanakan oleh sebuah satuan organisasi yg berdiri sendiri di samping satuan-satuan operatif.
- Asas pemacaran (Desentralisasi) Dalam asas ini masing-masing satuan organisasi di samping melaksanakan tugas utama juga melakukan tugas administrasi yang berhubungan dengan utamanya.
Menejer
Produksi
Administrasi
Pemasaran
Keuangan
Keterangan : Asas Pemutusan
(Sentralisasi)
Asas Pemencaran ( Desentralisasi)
Menejer
Menejer
Keuangan
Administrator
Keuangan Administrasi
Gudang
Gudang
Sistem komunikasi administrasi
A.Pengertian sistem
Suatu bagian yang memiliki keterkaitan dengan bagian lain yang
tidak dapat dipisahkan.
Pengertian komunikasi
Suatu proses/kegiatan menyampaikan informasi, ide, atau gagasan dari suatu pihak kepihak lain baik secara langsung maupun tdk langsung.
Jadi sistem komunikasi administrasi adalah suatu pola/jalur komunikasi antara bagian satu dengan bagian lain yang memiliki keterkaitan dalam suatu organisasi.
Pengertian komunikasi
Suatu proses/kegiatan menyampaikan informasi, ide, atau gagasan dari suatu pihak kepihak lain baik secara langsung maupun tdk langsung.
Jadi sistem komunikasi administrasi adalah suatu pola/jalur komunikasi antara bagian satu dengan bagian lain yang memiliki keterkaitan dalam suatu organisasi.
B. Komponen-komponen Komunikas
- Komunikator : Orang yang menyampaikan informasi
- Komunikaan : Orang yang menerima informasi
- Message : Isi atau inti informasi di sampaikan
- Medium : Alat/peralatan untuk menyampaikan informasi
- Attitide : Sikap yangmuncul pada saat menyampaikan informasi
C. Jenis-jenis kegiatan komunikasi
- Komunikasi Lisan : Komunikasi ini dpt di lakukan secara langsung dengan tatap muka dan bisa juga secara tidak langsung melalui alat komunikasi.
- Komunikasi Tulisan: Komunikasi yang di lakukan dengan cara penyampaian informasi secara tertulis:- Manual (tulis tangan) dan - Elekronik
- Komunikasi Simbol : Komunikasi yang di lakukan melalui pembuatan tanda atau simbol-simbol tertentu yang dapat di pahami secara umum dan memiliki tujuan yang jelas.
D. Prinsip-prinsip komunikasi efektif
- Memiliki wawasan yang luas
- Luas dalam pergaulan
- Memiliki percaya tinggi yang tinggi
- Mampu menguasai keadaan
- Terampil dalam menyusun dan menata bahasa komunikasi
Alur Administrasi Komunikasi
Konsep alur komunikasi administrasi
- Alur komunikasi adalah sistem jaringan atau arah penyampaian komunikasi mengacu kepada struktur suatu organisasi dengan tujuan supaya penyampai penerimaan dapat terlaksana secara efektive dan efisien baik dari segi waktu maupun aspek personal.
- Jenis alur komunikasi
- Alur Pertikal yaitu alur komunikasi yang arahnya bergerak dari atas ke bawah/sebaliknya ,dan memiliki perbedaan antara bagian atas dan bawahnya yaitu :
- Komunikasi atas bersifat kewenangan, pemberian tugas, penerimaan laporan, pengawasan dan evaluasi / penilaian
- Komunikasi bawah bersifat bertanggung jawab, pelaporan, pelaksanaan, intruksi dan perbaikan.
- Alur Horizontal yaitu komunikasi yang arah dan jalurnya berada pada jabatan yang sama satu posisi.
Sifat alur horizontal :
- Kordinasi : Proses komunikasi yang berhubungan dengan peranan yg saling mempebgaruhi dan melengkapi antar bagian.
- Akomodasi : Proses komunikasi yg berkait dengan kelengkapan antar bagian dan saling melengkapi.
- Birokrasi : Hubungan yang sifatnya mengikat antara bagian.
3. Bentuk komunikasi
A. Komunikasi Lisan terdiri dari 2 macam :
1. Komunikasi lisan secara langsung dengan
tatapan muka yaitu komunikasi antara komunikator dan komunikan.
Aturan-aturan komunikasi secara langsung :
Aturan-aturan komunikasi secara langsung :
- Ucapkan salam dan berikan sambutan yang hangat.
- Berikan sapaan dalam bentuk tawaran bantuan.
- Tinggalkan sementara pekerjaan yang sedang di lakukan dan usahakan dalam keadaan berdiri.
- Lakukan komunikasi secara sederhana jelas dan terarah.
- Berikan pelayanan dengan baik.
- Bertanya dan menjawab secara jelas sesuai dengan pokok permasalahan.
- Akhir pembicaraan dengan mengesankan.
2. Komunikasi Lisan secara langsung melalui telepon
Aturan-aturan yang harus di perhatikan:
- Angkat telepon pada deringan pertama.
- Ucapkan salam.
- Perkenalan identitas instansi secara singkat.
- Ucapkan sapaan dalam pemberian bantuan.
- Hindari penggunaan sapaan bapak atau ibu kecuali jika sudah ada keyakinan dari jenis kelamin orang yang berbicara.
- Lakukan komunikasi secara jelas, singkat, dan terarah.
- Menggunakan suara yang lembut.
- Akhiri percakapan setelah lawan bicara merasa cukup dalam berkomunikasi.
- Akhiri dengan jawaban salam dan tutup telepon setelah telepon lawan bicara sudah mari.
B. Komunikasi Tulisan
Komunikasi tulisan yaitu bentuk komunikasi yang dilakukan melalui tulisan yang
dapat mewaliki suatu informasi.Bentuk komunikasi tulisan/
- Surat menyurat
- Laporan kegiatan
- Proyek proposal
- Jurnal
1. Surat menyurat
A. Pengertian surat(manual, elektik)
Surat adalah bahan atau serta media yang di gunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat tertulis dan dapat dipahamidari satu pihak kepihak lain.
Diatara pertimbangan tersebut adalah:
Surat adalah bahan atau serta media yang di gunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat tertulis dan dapat dipahamidari satu pihak kepihak lain.
Diatara pertimbangan tersebut adalah:
- Materi bahasan yang cukup banyak
- Informasi yang bersifat pribadi
- Pihak yang dituju dengan jarak cukup jauh
- Bersifat kedinasan
B. Tujuan komunikasi melalui surat
- Untuk menyampaikan informasi
- Mengefektifkan waktu dalam proses komunikasi
- Mempercepat alur komunikasi
2. Laporan kegiatan
Suatu dokumen yang
bersifat tertulis yang disusun setelah melaksanakan suatu kegiatan untuk di
jadikan sebagai bahan penilaian format laporan tidak memiliki bentukyang
baku.Tetapi disesuaikan dengan jenis instansi bentuk kegiatan atau sifat
organisasi secara umum laporan memuat berbagai hal tersebut :
- Judul laporan kegiatan
- Jenis dan nama instansi
- Tahun pembuatan
- Uraian tentang kegiatan secara menyeluruh
3. Proyek Proposal
Proposal merupakan suatu alat atau media komunukasi dalam bentuk
tertulis untuk mengajukan permohonan, perizinan, bantuan/acuan.
Bagian-bagian proposal adalah sebagai berikut :
Bagian-bagian proposal adalah sebagai berikut :
- Halaman muka (cover):
- Judul kegiatan
- Logo instansi/ perusahaan(apabila bibuat oleh sutu organisasi)
- Disusun oleh (apabila dibuat oleh individu/kelompok)
- Nama instansi/organisasi terkait
- Tahun pembuatan/penyusan
2. Lembar pengesahan:
- Nama dan jabatan orang yang menyusun proposal dilengkapi tanda tangan.
- Mengesahkan oleh pejabat atau pimpinan yang ada kaitannya dengan kegiatan.
3. Daftar isi
4. Pembahasan :
- Latar belakang
- Dasar hukum
- Nama dan tema kegiatan
- Tempat dan waktu kegiatan
- Maksud dan tujuan
- Sasaran
- Jenis kegiatan
5. Susunan kepanitian
- Apabila kegiatan tersebut dilaksanakan oleh sekelompok orang. Jika dilakuka individu hanya memuat identitas penyusun.
6. Rincian atau uraian dan jadwal kegiatan :
- Nomor urut, waktu, pelaksanaan, jenis kegiatan, target penyelesaian, dan penanggung jawab.
7. Anggaran pembiayaan :
- Pemasukan dan pengeluaraan
8. Penutup
- Kesimpulan dan saran
9. Dokumentasi yang berkaitan dengan kegiatan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar